"Bisnis yang hanya menghasilkan uang adalah bisnis yang buruk.", Henry Ford - Pendiri Ford Motor Company
Banner


Apa itu Affiliate Program?

User Rating: / 0
PoorBest 

By : Edy Trisusanto (www.etrisusanto.com)

Apa itu Affiliate? Pernah mendengar istilah Perantara Dagang atau istilah kerennya Broker, Agen atau Reseller? Yaitu seseorang atau pihak yang mendapat bayaran sebagai komisi atas usaha atau jasanya menjualkan barang, produk atau jasa orang lain (pemilik barang/produk dagangan atau jasa). Nah, di dunia internet ada kegiatan perdagangan yang biasa disebut Online Trading (perdagangan secara online) dan kegiatan bisnis/usaha yang biasa disebut Online Business (bisnis/usaha secara online). Para perantara dagang, Broker, Agen atau Reseller di dalam kegiatan Online Trading dan Online Business biasanya disebut Affiliate atau biasa juga disebut sebagai Affiliate Marketing.

Affiliate adalah seseorang atau pihak yang mendapat bayaran sebagai komisi atas usaha atau jasanya menjualkan barang atau jasa milik pihak lain di dalam suatu kegiatan perdagangan atau bisnis secara Online melalui Internet.

Lalu apa pula itu Affiliate Program? Begini, di dalam kegiatan perdagangan atau bisnis tentunya ada barang/produk (dagangan) atau jasa yang ditawarkan. Untuk menawarkan dan memasarkan  barang atau jasa bisa dilakukan sendiri oleh si pemilik barang/produk dagangan (Merchant) atau dilakukan oleh  perantara, Broker, agen, Reseller atau Affiliate.  Di dalam perdagangan atau bisnis online kegiatan penawaran dan pemasaran yang diserahkan kepada pihak Affiliate itulah yang disebut Affiliate Program.

Affiliate Program adalah kegiatan penawaran dan pemasaran produk dagangan atau jasa di dalam perdagangan atau bisnis online yang  diserahkan kepada pihak Affiliate.

Bagaimana Affiliate Program dijalankan? Biasanya pedagang online yang disebut Online Merchant memiliki situs (website) berupa katalog dan informasi produk atau jasa. Orang-orang yang mendaftar sebagai Affiliate akan mendapat ID dan Link/URL khusus (Affiliate Link) yang dibedakan menurut ID masing-masing. Biasanya link khusus ini menapilkan situs yang sama persis dengan situs yang dimiliki oleh Merchant. Dengan adanya ID, maka situs tersebut dapat diidentifikasi bahwa situs tersebut berasal dari Affiliate yang bersangkutan. Jika ada orang yang membuka/mengunjungi situs tersebut dan melakukan pembelian, maka Affiliate akan mendapat komisi penjualan dengan jumlah yang ditetapkan sebelumnya.

 

Share on facebook
Follow Us
Banner
Dollar Income..!!!
Powered by