"Anda tidak akan pernah menang jika anda tidak pernah memulai."  (Helen Rowland (1876-1950), penulis Amerika)

KLIK SINI...!
Download software proteksi situs porno. GRATIS!
Cegahlah internet anak anda di rumah dengan download software ini.
Banner
...
Dunia Maya Portal Rekomendasi Sisi lain lahirnya Facebook

Sisi lain lahirnya Facebook

User Rating: / 0
PoorBest 

Ben Mezrich, seorang penulis buku popular Bringing Down the House pada 2003 menemukan fakta ada orang lain dibalik sukses Zuckerberg yang melahirkan Facebook, yaitu orang sekitarnya. Zuckerberg dan Eduardo Saverin adalah mahasiswa Harvard yang tengah bersaing memperebutkan mahasiswi. Saverin lebih lancar dan lebih berhasil dalam kuliah dibandingkan Zuckerberg yang dikenal pendiam tapi ambisius.

Menurut Mezrich, lahirnya Facebook itu tak lepas dari ulah Zuckerberg yang sress dan kesal karena diputuskan cintanya oleh wanita. Dia berulah dengan menghacking server asrama Harvard, dan mendownload foto-foto mahasiswi. Untuk kemudian membuat Facemash, sebuah situs di mana user dapat membandingkan dua foto dan memilih siapa yang paling cantik.
Situs Facemash Zuckerberg semakin popular dikalangan mahasiswa dan menyebabkan jaringan kampus menjadi macet. Zuckerberg diminta mematikan situs tersebut, namun ia  mendapat hukuman peringatan dari universitas karena melanggar privacy individu mahasiswi.

Kenakalan lain dilakukan oleh tiga mahasiswa Harvard, Divya Narendra dan si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss. Mereka menunjuk seorang programmer untuk membuat situs jejaring sosial dan perkencanan yang disebut Harvard Connection. Akhirnya mulai berjalan meski tidak sampai terselesaikan. Hal itu disebabkan Zuckerberg dengan dukungan keuangan dari Saverin membuat situs sendiri yang bernama the facebook.com.

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Saat itu dalam waktu dua minggu setelah peluncuran, separuh dari mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Faceboo kini . Kemudian beberapa kampus lain di sekitar Harvardpun bergabung dalam jaringan Facebook.
Zuckerberg akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook untuk dapat memenuhi permintaan kampus-kampus lain bergabung dalam jaringannya. Sekitar 4 bulan kemudian Facebook telah memiliki jaringan di 30 kampus. Maka dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa sebuah apartemen di sana.

Beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), akhirnya Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Kemudian Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook ini.

Jumlah member yang memiliki account di Facebook terus naik drastis, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook dengan harga 10 juta US Dollar, pada saat itu Zuckerberg pun menolaknya. tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 jutaUS Dollar dari Accel Partners, disususl kemudian berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

Akhir 2005 Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Kemudian untuk para pekerja kantoran, dan pada akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang berminat dan memiliki alamat e-mail.

 

Share on facebook
Follow Us
Banner
Dollar Income..!!!
Powered by