"Kegagalan adalah kesempatan untuk memulai kembali. Namun kali ini dengan lebih cerdas." (Henry Ford, pendiri Ford Motor Company)
Banner


Aplikasi Android untuk segmen UKM, rumah tangga, personal

User Rating: / 0
PoorBest 

Oleh : Dolly Deseka Tishvara (Co-founder ooh-gitu.com)

Terkait dengan artikel Android sebelumnya, kali ini saya akan coba share beberapa penerapan praktis Android untuk pebisnis kecil, rumah tangga, pribadi hingga para pelajar/mahasiswa. Secara konsep, salah satu keunggulan Android adalah Open Source yang memungkinkan biaya produksi pembuatan gadget menjadi sangat murah. Namanya saja sudah open source, maka berjuta programmer akan keroyokan membuat aplikasi di Android yang anda bisa manfaatkan secara gratis. Seperti apa sih aplikasi buat bisnis UKM, rumah tangga dan lain-lain..?

 

Kategori Bisnis UKM.

  1. Bila anda berniat membangun cafe atau resto kecil di rumah atau ruko, anda bisa membangun fasilitas hotspot dengan HP Android. Ya.. dengan biaya cuma Rp 1.5 jutaan anda sudah bisa membangun resto cafe kecil-kecilan ber hotspot ria tanpa anda susah-susah memanggil teknisi. Settingnya sangat mudah karena selain tidak bertel-tele, menunya sudah berbahasa Indonesia. Fasilitas Hotspot yang tersedia bisa maksimal 5 devices (Notebook, BB, HP Komputer).
  2. LAN connection to internet untuk pengganti Leased Line seperti Speedy atau services lainnya yang tarif bulanannya bisa mahal. Asalkan jaringannya cukup bagus, komputer-komputer anda cukup di tambahkan card wifi saja sudah dapat membangun jaringan dengan biaya yang sangat murah.
  3. Bila anda mempunyai aktifitas delivery atau kurir, anda juga bisa melacak di mana posisi kurir atau mobil operasional anda. Berikan HP Android ke karyawan anda dan settinglah GPSnya maka anda bisa memantau sampai dimana perjalanannya. Jadi Android ini bisa menggantikan fungsi GPS gadget yang selama ini sangat mahal dan rumit.
  4. Bisa digunakan sebagai Printer sharing di seluruh dunia kalau mau. Bayangkan tatkala anda meeting di luar dan anda harus ngeprint dokumen untuk orang kantor maka anda bisa ngeprint dari jarak jauh. So, android juga bisa mencetak dengan printer sharing.

Kategori Rumah Tangga

  1. Pusing dengan kondisi rumah seperti apa..? maka dengan Android anda bisa memantau rumah anda yang telah terpasang dengan CCTV dan langsung koneksi ke HP anda. Biaya settingnya lebih murah.
  2. Pemantau lokasi Baby Sitter atau sopir pribadi. Sama halnya dengan penerapan di bisnis pada penjelasan di atas.
  3. Management Belanja atau Food Management. Anda bisa mengatur daftar belanjaan dan memantau makanan yang expired di kulkas atau kapan susunya habis.
  4. Internet terkendali untuk beberapa PC anak-anak. Ya.. dengan adanya fasilitas Hotspot maka semua kendali waktu pemakaian internet ada di tangan anda. Jadi anda tidak perlu khawatir anak-anak anda terlalu lama di depan internet.

Pelajar/Mahasiswa

  1. Di Market android tersedia ribuan aplikasi pelajaran, misalkan saja yang sedang belajar elektronika Android bisa memberikan solusi bagaimana cara menghitung besaran ohm, kapasitor, dan lain-lain.
  2. Bisa mempelajari cara kerja instrumentasi alat ukur, karena HP Android bisa dibuat untuk mengukur intensitas keberadaan magnet, logam, vibrator, seismik (gempa), speedometer, dan lain-lain dimana HP Android menggantungkan pada konsep gravitasi dan dibantu oleh satelit.
  3. Sebagai alat penunjuk arah (kompas), arah kiblat

Ini adalah sebagian kecil fungsi HP Android yang anda bisa manfaatkan, karena masih ratusan ribu aplikasi yang tersedia di Market untuk anda bisa gunakan. Selamat ber-eksperimen dan mempunyai pengalaman yang unik dengan biaya yang murah dan masih bisa lebih murah. Semoga....

Share on facebook
Follow Us