"Kemampuan berinovasi menjadi pembeda antara pemimpin dan pengikut." Steve Jobs - CEO Apple Inc
KLIK SINI...!
Download software proteksi situs porno. GRATIS!
Cegahlah internet anak anda di rumah dengan download software ini.
Feed bareng Ooh-gitu
Konversi Ooh-gitu

Select Property:
A A
B B
Banner


Ensiklooh-gitu, Pantes baru tahu tuh..??

Ensiklooh-gitu adalah sebuah konsep ensiklopedia yang di jabarkan secara ringan, jenaka dan unik dengan sasaran mudah dipahami oleh semua segmen pembaca, baik anak-anak hingga dewasa.

Apa sih 5S (5R) itu?

User Rating: / 1
PoorBest 

5R atau 5S adalah Istilah bahasa Jepang yang merupakan pelatihan budaya dasar untuk menanamkan kebiasaan yang baik, kedisiplinan kerja dari diri sendiri maupun tempat kerja, sebelum suatu perusahaan akan melangkah ke program yang lain.

 

5S terdiri dari;
SEIRI artinya Ringkas – Keteraturan
SEITON artinya Rapi – Kerapihan
SEISO artinya Resik – Kebersihan
SEIKETSU artinya Rawat – Kelestarian
SHITSUKE artinya Rajin – Kedisiplinan

5S merupakan tools improvement yang biasa digunakan di perusahaan manufactur. Namun sebenarnya secara prinsip, 5S ini sangat tepat juga diterapkan pada perusahaan non manufactur ataupun organisasi kerja manupun.
Contohnya di lingkup kerja perkantoran, 5S dapat diterapkan untuk menanamkan kebiasaan baik dan kedisiplinan karyawan dalam menata lingkungan kerja dan mengatur kebiasaan kerja.           

 

Mengapa bumi berputar

User Rating: / 5
PoorBest 
Kenapa planet bumi bisa berputar..? ceritanya sangat panjang... terjadi lebih dari 4.6 milyar tahun yang lalu saat Planet Bumi diciptakan Allah SWT. Secara alami, semua benda yang berputar cenderung ingin tetap berputar. Oleh karena itu, sampai saat ini Bumi selalu berputar. Nyatanya, ilmuwan menghitung planet bumi berputar melambat 16 detik setiap sejuta tahun. Wow! Itu artinya, pagi hari muncul terlambat kurang dari seperseribu detik selama umur manusia! Sampai akhir hayatnya, manusia tidak merasa planet bumi berputar melambat.
 
Siang dan Malam di bumi terjadi selama 4.6 milyar tahun. Siang dan malam terjadi karena planet bumi berputar pada sumbunya. Istilah kereennya, planet bumi melakukan rotasi. Ziiiiing..... planet bumi berputar seperti gasing. 
(Sumber : Bobo)

Kok bisa yaa kaca itu bening dan transparan..??

User Rating: / 2
PoorBest 

Siapa sih yang ngga pernah ngaca sebelum pergi kemana-mana..? Ayo ngaku..!! Coba deh.. pernah berpikir ngga kok bisa kaca itu bisa bening? ini bukan sulap bukan sihir lho. 

Transparan, bening, dan bisa pecah. Fragile, orang Inggris bilang. Ini adalah ciri-ciri kaca. Kaca terbuat dari apa? Bagaimana membuatnya? Kaca dibuat dengan mencampur pasir dengan abu soda dan kapur atau dengan oksida timah. Bangsa Mesir kuno dianggap sebagai orang-orang pertama yang membuat kaca.

Selengkapnya

Sejarah Coca Cola

Rasa menyegarkan Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.

Dr. Pemberton menjual ciptaannya dengan harga 5 sen per gelas di apotiknya dan mempromosikan produknya dengan membagi ribuan kupon yang dapat ditukarkan untuk mencicipi satu minuman cuma-cuma. Pada tahun tersebut ia menghabiskan US$46 untuk biaya periklanan. Pada tahun 1892, Pemberton menjual hak cipta Coca-Cola ke Asa G. Chandler yang kemudian mendirikan perusahaan Coca-Cola pada 1892.

Read more...

Minuman Ringan Berkarbonasi

User Rating: / 5
PoorBest 

Minuman Berkarbonasi; Definisi, Pembuatan, dan Sejarahnya.

(oleh: Feby Virlandia)

Minuman berkarbonasi (Sparkling Beverages), secara harfiah diartikan minuman yang mengandung karbonasi. Minuman berkarbonasi memiliki beberapa nama populer yang berbeda-beda, sebagai contoh, di Amerika Serikat, dikenal dengan nama soda, soda pop, pop atau tonik, di Inggris dikenal dengan fizzy drinks, di Kanada dikenal dengan Soda atau Pop saja. Di daerah Ireland, mereka menyebutnya Minerals. Sedangkan di Indonesia orang lebih mengenalnya dengan sebutan minuman bersoda.

 sd

Tetapi tahukah Anda apa sebenarnya soda itu? Air soda memiliki rumus kimia H2CO3. Untuk membuat air soda, komponen yang paling penting adalah air dan gas karbondioksida. Air soda dibuat dengan melarutkan gas karbondioksida (CO2) ke dalam air. Bila diinjeksi ke dalam air dengan tekanan tinggi, karbondioksida akan membentuk asam karbonat. Itulah sebabnya minuman ini disebut minuman berkarbonasi (carbonated beverages). Asam karbonat tersebutlah yang menyebabkan timbulnya sentuhan khas soda di mulut (mouthfeel) dan perasaan yang mengigit (bite) pada saat diminum.

Karbonasi terjadi ketika gas CO2 terlarut secara sempurna dalam air. Proses ini akan menghasilkan sensasi karbonasi "Fizz" pada air berkarbonasi dan sparkling mineral water. Hal tersebut diikuti dengan raeksi keluarnya buih (foaming) pada minuman soda yang tidak lain adalah proses pelepasan kandungan CO2 terlarut di dalam air. Menilik bahan baku dan proses pembuatannya minuman berkarbonasi tidak memiliki kandungan alkohol.

Read more...

Bentuk Polimer = Plastik, betul ngga sih..?

Meskipun istilah plastik dan polimer seringkali dipakai secara sinonim, namun tidak berarti semua polimer adalah plastik. Plastik merupakan polimer yang dapat dicetak menjadi berbagai bentuk yang berbeda. Umumnya setelah suatu polimer plastik terbentuk, polimer tersebut dipanaskan secukupnya hingga menjadi cair dan dapat dituangkan ke dalam cetakan. Setelah penuangan, plastik akan mengeras jika plastik dibiarkan mendingin. Misalkan, sebuah meja dari plastik yang dibuat dengan cara cetakan. Meja yang terbuat dari plastik merupakan plastik cetakan dengan kualitas yang kuat dan tahan lama dan lebih kuat dari bahan-bahan semula.

Read more...

Kenapa lampu neon berkedip-kedip sebelum nyala

User Rating: / 1
PoorBest 
Siapa sih yang tidak pernah menyalakan lampu neon, pertanyaannya kenapa lampu neon itu berkedip-kedip sebelum menyala?

Lampu neon mengeluarkan elektron dan menabrak dinding tabung gelas yang dilapisi plastik fosfor dan mengeluarkan cahaya. Untuk melemparkan elektron yang mengalir di dalam logam ke luar dibutuhkan tegangan listrik yang sangat tinggi.

Karena tidak cukup dengan tegangan 220 volt yang kita gunakan, starter ditempel di lampu neon untuk menghentikan listrik dalam sekejap sehingga menghasilkan tegangan listrik yang tinggi.

Tegangan listrik lebih tinggi saat terputus daripada saat mengalir. Karena itu, saat menyalakan lampu neon, listriknya berulang kali putus sambung, sehingga terlihat pada mata kita berkedip-kedip. 

Sejarah Pembangunan Terusan Panama

Gagasan pembangunan Terusan Panama dicetuskan pertama kali pada tahun 1524 oleh raja Spanyol saat itu, Charles V. Raja berpendapat jika tanah genting di Panama dibelah maka akan meringankan perjalanan kapal-kapal kerajaan yang berlayar dari Ekuador ke Peru ataupun sebaliknya. Tahun-tahun berikutnya, sejumlah kerajaan lain di Eropa juga mengemukakan gagasan yang sama namun masih terbentur kendala teknologi dan sumber daya. Pembangunan fisik terusan akhirnya baru berhasil dimulai pada tanggal 1 Januari 1880. Saat itu Pemerintah Perancis yang terinspirasi dari kesuksesan insinyurnya, Ferdinand de Lesseps, yang berhasil mendirikan Terusan Suez di benua Afrika, memutuskan memulai proyek mahasulit ini. Pembangunan terusan dipercayakan langsung pada de Lesseps. Sayangnya, karena terkesan buru-buru dan tidak melakukan studi geologi dan hidrologi yang memadai, proyek ini mulai banyak memakan korban jiwa dan dana. Wabah malaria dan demam kuning merebak dan sejumlah besar pekerja terjangkit dan bahkan meninggal dunia (tercatat sekitar 22.000 orang) sehingga proyek mulai terbengkalai. Peralatan yang terbuat dari besi dan baja mulai berkarat, sebagian pekerja angkat tangan dan kembali ke negaranya. Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada tahun 1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya pada tahun 1898,  Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan proyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan proyek ini. Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt, memutuskan membeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan meneruskan pembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah berhasil memerdekakan Panama dari Kolombia. 

Read more...

Cara kerja Wifi secara global