"Banyak-banyaklah berbincang langsung dengan konsumen. Anda akan terkejut betapa banyaknya perusahaan yang tidak pernah mendengarkan konsumennya." Ross Perot, Pengusaha asal Texas AS
KLIK SINI...!
Download software proteksi situs porno. GRATIS!
Cegahlah internet anak anda di rumah dengan download software ini.
Konversi Ooh-gitu

Select Property:
A A
B B
Banner
...
Ensiklooh-gitu Sains Mahalnya bikin hujan buatan

Mahalnya bikin hujan buatan

User Rating: / 2
PoorBest 

Aduuhh.. kok lama ngga hujan yaa..., coba kalo bisa bikin hujan buatan sendiri. Eit.. ntar dulu dok, bikin hujan buatan itu ngga murah lho. Udah harus carter pesawat, kita juga butuh bahan-bahan untuk membuat hujan buatan. Makanya, bersyukur ya kalo hari lagi hujan. Bagaimanapun juga buatan Tuhan jauh lebih sempurna. Yok,.. kita pelajari gimana cara bikin hujan.

Sering kali kebutuhan air tidak dapat dipenuhi dari hujan alami. Maka orang menciptakan suatu teknik untuk menambah curah hujan dengan memberikan perlakuan pada awan. Perlakuan ini dinamakan hujan buatan (rain-making), atau sering pula dinamakan penyemaian awan (cloud-seeding).

Hujan buatan adalah usaha manusia untuk meningkatkan curah hujan yang turun secara alami dengan mengubah proses fisika yang terjadi di dalam awan. Proses fisika yang dapat diubah meliputi proses tumbukan dan penggabungan (collision dan coalescense), proses pembentukan es (ice nucleation). Jadi jelas bahwa hujan buatan sebenarnya tidak menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Untuk menerapkan usaha hujan buatan diperlukan tersedianya awan yang mempunyai kandungan air yang cukup, sehingga dapat terjadi hujan yang sampai ke tanah.

Bahan semai adalah bahan kimia yang ditambahkan ke dalam awan dalam proses hujan buatan. Ada 2 jenis bahan yang dipakai yaitu higroskopik dan glasiogenik.

Baham semai higroskopis dapat menarik uap air dari sekelilingnya dan membentuk tetes-tetes air yang kemudian ikut berperan di dalam proses pembentukan butir-butir hujan di dalam awan. Dengan penambahan bahan ini, awan semakin cepat matang. Volume awan menjadi lebih besar dari biasanya. Akibatnya air hujan yang dihasilkan dari awan ini semakin banyak. Tidak semua awan dapat dikenai perlakuan dengan bahan semai ini. Hanya awan cumulus dengan kriteria-kriteria tertentu yang dapat disemai.

Share on facebook
Follow Us
Banner
Banner
Hit Kunjungan
754464
Hari ini115
Kemarin112
Minggu ini648
Total Kunjungan754464
Dollar Income..!!!
Powered by