"Mengembangkan bisnis dan membangun merek di internet dengan setengah hati hanya akan membuat pelanggan anda gagal mengenal dan membedakan situs anda", Paul Temporal - pakar merek Asia
Banner


Sulitkah menjadi pengusaha dotKom..?

User Rating: / 3
PoorBest 

by : Dolly Deseka Tishvara (Pendiri ooh-gitu.com)

Di era globalisasi ini, tentu saja arus informasi akan menyerbu anda dari segala arah. Trend gaya hidup dan perilaku juga sangat dipengaruhi oleh internet salah satunya. Tidak mengherankan, sejak booming dotKom di awal 2000-an banyak sekali muncul dotKom company dan beberapa diantaranya ada yang sukses dan sebagian besar sudah menyusut namanya bahkan bangkrut. Jangan salah, membangun dotKom di awal 2000 itu adalah investasi yang mahal dan rumit. Tapi sekarang..?? hahaha.. anda berjalan sendiri pun bisa menjadi pengusaha dotKom. Lho kok,.. bisa begitu?

Semakin hari, teknologi internet semakin berkembang dan semakin banyak tools internet yang akan menjadikan proses pembuatan portal/website semakin mudah, efisien dan menyenangkan. Sekarang tinggal bagaimana anda menemukan ide dan konsep portal yang jitu. Oleh karena itu akan saya jabarkan beberapa syarat dan bagaimana memulai bisnis ini. Syarat pertama sih modal nekat. Lho kok..? Iya, bisnis ini bukan hanya dibangun sehari semalem langsung di buka. Anda harus siap mental untuk spare waktu (apalagi kalo anda masih karyawan). Ada persiapan-persiapan dasar yang musti kita lakukan.

Membangun misi dan visi dotKom
Awalnya anda harus menentukan kemana arah dotKom yang anda akan bangun. Untuk siapa, mengapa ini dibutuhkan, kemana visi jangka panjangnya. Di tahapan ini, anda akan mempelajari survey market, pesaing anda, sumber daya pelaksana, dan bagaimana model dan isi kontennya agar bisa di terima pasar. Untuk memudahkan membangun misi dan visi anda, kekuatan nama domain akan menjadi "trigger" untuk anda melangkah ke tahap berikutnya. Model domain ooh-gitu.com itu boleh jadi menjadi nama yang cool, gampang diingat dan unik. Sama halnya dengan kapanlagi.com ataupun detik.com. Tapi kenapa astaga!com, punya domain unik tetap saja tidak sedahsyat detik misalnya..? walau didukung teknologi mumpuni, iklan besar-besaran, SDM yang di bajak dari IT consultant terbaik pada saat itu.. Ini juga kami bahas di bawah.

Mulai mendevelope dan mengisi konten
Pertanyaan pertama.. anda bisa apa..? iihhh.. kok nanyanya gitu sih..? Saya sendiri ketika tahun 2001 sudah mulai berpikir gimana ya belajar bikin portal..? Waktu itu untuk bisa bikin portal kayak detik.com itu harus bisa program PHP lah, ASP lah, SQL lah.. wah pokoknya pusing deh. Kapan belajarnya yaa..? Sebetulnya waktu itu bisa Frontpage tapi ribet maintenancenya. Di awal 2009 pertanyaan ini muncul lagi kapan ya bisa bikin portal bukan hanya sekedar website biasa..? Akhirnya dari seorang kawan muncullah nama Joomla, wordpress, dll. Inilah yang dinamakan software CMS (Content Management System). Kalo anda belum bisa CMS, belajarlah sendiri dari buku, internet atau anda bisa kursus di Amany Tanah Abang WebStore termasuk di dekat rumah anda. So, what next. Nah kalo udah mulai mau membuat, pikrkan template yang cocok dengan dotKom kita dan link-linknya. Di situ akan menentukan kekuatan portal anda. Mentok-mentok, kalo anda masih ngga mau belajar buat portal, anda bisa bayar developer untuk membuatkan sesuai keinginan anda. Anda hanya minta diajarkan updated konten dan pasang banner iklan saja. Ini saja anda sudah bisa jadi pengusaha dotKom kok walaupun anda Ibu Rumah Tangga.

Memilih hosting company memang gampang-gampang susah, tapi berikut tips sederhana.
1. Minimal berbadan hukum usaha dan alamat jelas (bisa dilihat di whois)
2. Sudah berdiri lama, minimal 5 tahun.
3. Clientnya sudah banyak dan ada beberapa perusahaan besar atau dotkom profesional.
4. Murah bukan berarti jelek, tapi bagus belum tentu mahal. Jangan terpancing issue hosting bagus harus mahal.
5. Lihatlah komentar-komentar dari pelanggan/client baru.

Strategi Komunikasi marketing.
Kalo kata Oom Tung Desem Waringin sih, salah satu pilar marketing adalah promosi. Yo'i man.. gimana cara bikin promosi yang efektif dan tepat sasaran. Buatlah tagline portal anda dengan tepat dan mudah diingat. Misalnya ooh-gitu.com taglinenya "...Pantes baru tahu tuh!!".
Beruntunglah kalo FaceBook, Twitter, Friendster, milis atau social media anda mempuyai banyak member dan ini menjadi senjata andalan untuk promosi. Buatlah kalimat yang lugas dan membuat mereka penasaran. Apa sih isi kontennya..??. Seorang kawan sempat melontarkan 'eehh lo bikin portal porno yaa...begitu dengar ooh-gitu.com ?' ha.ha..ha, masak sih ooh-gitu.com sejauh itu. Padahal isinya portal informasi bikin anda cerdas iya ngga...?? Jangan lupa buat promosi secara offline. Studi kasus kapanlagi.com menjadi booming, salah satu strateginya adalah memasang stiker kapanlagi.com di belakang kaca mikrolet seluruh jakarta dari 3-4 tahun yang lalu. Ternyata ini sangat efektif dan didukung jalan yang macet otomatis ini iklan berjalan dan gratis. Iklannya kecil tapi banyak dan mobile..!!!

Me-maintain konten anda secara aktif.
Ini wajib anda lakukan agar pembaca tetap setia mengunjungi anda dan bisa menjadi iklan dari mulut ke mulut. Konten yang unik dan berbeda juga sangat disukai. Pada saat ini anda harus rajin lihat statistik pengunjung anda dan anda buat laporan analisa day to date hingga month to date. Ada beberapa services yang dberikan beberapa konsultan atau hosting company bagaimana cara mendongkrak index Google ke halaman 1. Anda juga bisa belajar sendiri SEO (Search Engine Optimation) di buku-buku atau ada juga bisa baca di artikel dunia maya ooh-gitu.com

Darimana penghasilan dotKOM
He..he..he... dari tadi cuma bahas konsep dan pembuatannya deh. So, kapan donk dapet duitnya..? Teman,.. untuk menjadi pengusaha dotKom ada 4 type yang anda pilih.

1. Jalur E-Commerce
Di Jalur ini anda akan fokus menjual produk secara online dan anda tidak perlu memiliki artikel-artikel yang dinamis. Tapi cukup informasi tentang produk, harga dan bagaimana cara bertransaksi.

2. Jalur News/Artikel/Internet Tools
Di jalur ini anda harus berjuang keras untuk meraih jumlah hit yang dianggap menarik bagi pemasang iklan. Kalo d jalur ini mainnya harus sabar, ulet dan tahan banting. Studi kasus gilamotor.com sebuah portal kelas Indie tapi akhirnya berhasil juga meraih iklan utama dari salah satu perusahaan pelumas. okezone.com beberapa tahun barulah meraih laba. Biasanya jalur ini melalui perjalanan yang sangat panjang dan didukung oleh belanja modal maketingnya. Syukur-syukur kalo dia sebelumnya sudah mempunyai bisnis media. Google sendiri juga 2 tahun kemudian dapat meraih laba sejak dilaunching.

3. Jalur kombinasi
Ooh-gitu.com adalah bergerak di jalur ini. Sambil menabung jumlah hit pengunjung, memperkaya jumlah artikel, dan tentu saja menciptakan page rank yang baik di mesin pencari. Portal ini menggabungkan unsur artikel untuk publik dan didukung banner Store online untuk menopang biaya operasional. Jika waktunya sudah tepat, tidak tertutup kemungkinan portfolio portalnya di jual ke pemodal besar karena sudah lumayan established jumlah hitnya.

 4. Jalur layanan publik/social media

Untuk main disini memang butuh skill dan teknologi yang mumpuni karena lebih kompleks portal developmentnya. Di sini kita ambil Facebook, Friendster, iklanbaris, twitter, dan lain-lain. Yang ini memang bikin cepat melesat terkenal tapi jatuhnya juga lumayan cepat. Bagaimana mereka main strategi dan inovasinya lah yang bertarung.

Kesimpulannnya, ada beberapa keuntungan untuk bisa menjadi pengusaha dotKom :
1. Memiliki penghasilan sampingan tanpa terikat waktu bila ia karyawan atau pun ibu rumah tangga, bahkan pelajar SMA sekalipun.
2. Tatkala dibangun di usia muda, portal bisa menjadi investasi intelektual layaknya royalti buku. Banyak jutawan muda di Amerika berkat membangun dotkom.
3. Portal bisa diwariskan ke generasi penerus dan tentu saja dengan konteks semangat dan visioner yang lebih hebat daripada pendirinya.
4. Portal bisa memberikan manfaat ilmu atau informasi yang tidak terbatas kepada banyak kalangan.
5. Bisa seperti pendiri Google kalo memang rejekinya, at least bisa kaya seperti pendiri kaskus atau detik kalau memang ditakdirkan. Rejeki memang tidak kemana-mana kok kalo sudah takdir. Alhamdulillah donk kalo gitu,.. iya ngga...

Artikel Terkait
Share on facebook
Follow Us
Banner
Banner
Hit Kunjungan
734453
Hari ini23
Kemarin113
Minggu ini136
Total Kunjungan734453
Dollar Income..!!!
Powered by