"Hanya ada satu bos, yakni konsumen. Dia bisa memecat siapapun mulai dari direktur hingga pegawai rendahan dengan membelanjakan uangnya ke tempat lain", Sam Waltson - Pendiri Wal Mart
Banner


MEMBANGUN REPUTASI

User Rating: / 4
PoorBest 

Pemasaran Diri merupakan salah satu aspek dalam Manajemen Diri. Melalui Pemasaran Diri, kita berupaya agar gagasan, kecerdasan, kemampuan, pemikiran dan pandangan hidup kita dapat dikenali dan dimanfaatkan oleh orang lain, organisasi maupun masyarakat pada umumnya sehingga pada gilirannya kita dapat mencapai tujuan hidup kita.  Salah satu komponen penting dalam pemasaran diri seseorang adalah membangun reputasi pribadi atau dalam istilah pemasaran disebut dengan "personal brand development". Membangun reputasi berarti membangun persepsi orang lain tentang diri kita. Persepsi ini bisa positif bisa negatif tergantung dari pengalaman dan interaksi orang lain dengan kita. Reputasi merupakan aset yang semakin penting. Hal ini diuraikan dengan menarik dalam buku RAHASIA MANEKIN karangan Roy Sembel. Menurut gagasan dalam buku itu, reputasi yang baik dapat rusak hanya karena kesalahan "kecil" yang dilakukan oleh seseorang. Panas setahun bisa terhapus oleh hujan sehari atau karena nila setitik rusak susu sebelanga. Mulai dari petinggi militer dan sipil, pengusaha konglomerat sampai pada olahragawan, pelawak dan artis, banyak yang akhir-akhir ini merasakan pahitnya nila tersebut. "Nila"nya bisa berbentuk narkoba, uang palsu, utang macet, perselingkuhan, dakwaan korupsi/KKN, dll. 
Jika nama seseorang sudah diasosiasikan dengan yang jelek akan sulit bagi orang tersebut untuk kembali mendapat tempat dalam masyarakat. Oleh karena itu selain penting untuk membangun reputasi, juga tidak kalah pentingnya adalah memelihara dan mengembangkan reputasi yang baik dalam kehidupan kita. Karena reputasi merupakan sebuah aset yang jika senantiasa kita bangun dan kita kembangkan dapat memberikan imbal hasil (return) yang besar di masa mendatang.

 

Share on facebook
Follow Us
Banner
Banner
Hit Kunjungan
716994
Hari ini62
Kemarin109
Minggu ini772
Total Kunjungan716994
Dollar Income..!!!
Powered by