"Buatlah diri anda berguna bagi orang lain." Ralp W Emerson (1803-1882) pujangga dan dosen asal AS
Banner


Mendaur Ulang Minyak Goreng Bekas dengan Ekstrak Mengkudu

User Rating: / 18
PoorBest 

Berawal dari rasa penasaran terhadap 'buah ajaib' mengkudu, sekelompokpelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) BPPT Lamongan lantas melakukanpenelitian lanjutan terhadap manfaat buah ini. Apalagi di Lamongan, JawaTimur, pohon mengkudu tumbuh begitu banyak. Sebagian besar taktermanfaatkan.
Hasilnya, pamor mengkudu sebagai obat alternatif bertambah satu. Buah yangkerap disebut pace ini ternyata juga bisa menjernihkan minyak goreng yangtelah dipakai berkali-kali. Temuan inilah yang mengantar sekelompok pelajartersebut mengantongi predikat juara ketiga dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja(LKIR) tingkat nasional beberapa waktu lalu.


''Sebelumnya kita hanya melihat mengkudu sebagai tanaman liar yang buahnyaselama ini kurang dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,'' kata salah satu anggota kelompok LKIR SMU BPPT Lamongan, Faridatus Saa'adah, ketika berpapasan dengan Republika beberapa waktu lalu di kantor Pemkab Lamongan.
Di sisi lain, jelas Faridatus lagi, di Lamongan begitu banyak limbah minyak goreng dari industri kelas rumahan yang membuat makanan ringan. Minyakgoreng bekas industri ini mestinya bisa dipakai beberapa kali. Namun karenawarnanya sudah tidak jernih lagi, seringkali dibuang sia-sia.
''Kita prihatin banyak home indutri di Lamongan membuang sia-sia limbahminyak gorengnya. Padahal jika tahu cara menjernihkan kembali, bisamenghemat biaya operasional,'' kata Faridatus.
Lantas, dari mana sekelompok pelajar ini mengetahui manfaat penjernih daribuah mengkudu ini? Ternyata mereka membaca sebuah literatur yang mengatakan nenek moyang bangsa Indonesia sejak jaman dulu telah memanfaatkan buah mengkudu ini untuk memutihkan pakaian. Berpijak dari sini merekaberkesimpulan buah mengkudu berkhasiat pula sebagai penjernih.
Kemudian dilakukanlah penelitian selama tiga bulan. Mula-mula buah mengkududitumbuk, lalu diperas untuk diambil sarinya. Sari inilah yang dicampurminyak goreng yang telah berulangkali dipakai. Setelah tercampur, dibiarkanselama kurang lebih 5 sampi 10 menit, selanjutnya diendapkan, dipanaskanpada suhu 50 derajat celcius, dan terakhir disaring.
Komposisinya, satu buah mengkudu dipakai untuk menjernihkan seperempatliter minyak goreng. Jangan lupa, kata Faridatus, pemilihan buah mengkudu harus benar-benar masak.
Mengenai kerenyahan makanan yang digoreng dengan minyak hasil daur ulangini, tidak berbeda dengan menyak goreng asli.
Faridatus dan kawan-kawannya sangat berharap Pemkab Lamongan menindaklanjuti apa yang telah mereka mulai ini. Setidaknya, membantu mengurus proses hak paten atas penemuan tersebut. ''Penemuan ini bukan sajamenguntungkan lingkungan tapi juga bermanfaat bagi pengusaha home industridan masyarakat umum,'' katanya.

 

 

Share on facebook
Follow Us
Banner
Banner
Hit Kunjungan
730553
Hari ini229
Kemarin158
Minggu ini993
Total Kunjungan730553
Dollar Income..!!!
Powered by