"Kita selalu berlebihan menyikapi perubahan yang akan terjadi dua tahun mendatang dan meremehkan apa yang terjadi 10 tahun ke depan.", Bill Gates - Pendiri Microsoft
Banner


Minuman yang boleh dan tidak saat hamil

User Rating: / 18
PoorBest 

Kalau masih banyak minuman yang sehat dan alami, kenapa mengonsumsi minuman yang sama sekali tak memberi manfaat? Bahkan, dampak negatifnya pada kehamilan pun mesti diwaspadai. Minuman yang paling baik dikonsumsi ibu hamil memang air putih matang yang jelas-jelas sehat/higienis. Sayangnya, papar dr. Hj. Hasnah Siregar Sp.OG., cukup banyak ibu hamil yang kurang menaruh peduli air yang diminumnya. Minuman apa saja sih yang sebaiknya dihindari jika tengah berbadan dua? Berikut beberapa di antaranya disertai alasan medisnya.

Yang Dianjurkan:

* Susu

Bukan rahasia lagi kalau jenis minuman yang satu ini memang paling menyehatkan. Karena memiliki begitu banyak kandungan vitamin dan mineral penting yang diperlukan tubuh, tak berlebihan bila susu merupakan penyempurna dari 4 sumber makanan sehat. Bagi ibu hamil, susu berperan membantu proses penulangan si kecil sekaligus menjaga ibu dari kemungkinan proses pengeroposan tulang. 

* Jus Buah

Jus buah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang amat baik untuk penyerapan zat besi. Sari buah asli ini sebaiknya dikonsumi ibu hamil setiap hari sekurang-kurangnya segelas per hari. Terlebih kalau si ibu hamil termasuk orang yang ogah menyantap sayur-sayuran dan buah-buahan. Akan tetapi tidak semua jenis buah-buahan baik untuk kesehatan tubuh. Di antaranya durian yang banyak mengandung gas dan justru tidak baik buat ibu hamil. Belum lagi bila dicampur dengan gula buatan.

* Air Kelapa

Air kelapa banyak diyakini bisa membuat bayi yang dikandung berkulit putih dan kepalanya bersih dari kerak kepala. "Air kelapa boleh-boleh saja diminum ibu hamil, akan tetapi jangan terlampau banyak. Soalnya, air kelapa mengandung kalium yang cukup tinggi. Nah, kalau kebanyakan, perut ibu akan kembung dan akhirnya jadi serbasalah, malas makan dan minum, susah bergerak, napasnya sesak dan susah tidur. Apa jadinya kalau ibu hamil menjalani rutinitasnya dengan kondisi seperti itu," ujar Hasnah.

Ia pun mengingatkan, selain memperhatikan jenis minuman tadi, jangan lupa juga mencermati porsinya. Kecukupan kebutuhan cairan sebanyak 8-12 gelas per hari haruslah dipenuhi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan ginjal, infeksi kandung kemih, bahkan kondisi dehidrasi sekalipun jarang terjadi. 


Yang Tidak Dianjurkan:

* Kopi

Kopi mengandung kafein yang akan cepat diserap oleh tubuh guna merangsang sistem saraf pusat dan membuatnya terjaga. Namun, kandungan zat ini dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, disamping bisa menyebabkan iritasi lambung. Kafein pun bersifat diuretik atau  membuat yang bersangkutan jadi sering buang air kecil. Akibatnya, bukan mustahil vitamin B dan vitamin C yang larut dalam air ikut terbuang dalam air seni, terutama vitamin B6 dan B12.

Tak heran kalau kebiasaan mengonsumsi bahan-bahan yang bersifat diuretik akhirnya mengurangi jumlah mineral penting semisal kalium, kalsium, dan magnesium dalam tubuh. Kondisi ini berpotensi menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh. Padahal keseimbangan elektrolit tubuh berfungsi menjaga kerja jantung dan alat-alat tubuh lain dengan baik.

Makanya Hasnah menyarankan agar ibu hamil tak lagi menikmati kopi. "Minuman yang mengandung kafein saja tidak baik bagi ibu hamil. Nah, yang namanya kopi pasti bukan lagi mengandung kafein, tapi benar-benar
kafein seutuhnya." Penyebab anak-anak sulit tidur diduga karena sewaktu masih dalam kandungan, si ibu gemar minum kopi. Selain itu, kopi juga merupakan pencetus stres.

* Teh

Kendati memiliki kandungan kafein seperti kopi, teh masih memiliki manfaat positif. Pertama, kandungan teh merupakan zat antioksidan, yakni zat yang mencegah terjadinya oksidasi dalam tubuh. Oksidasi akan mengakibatkan kerusakan sel. Dengan kata lain, teh boleh dinikmati perempuan yang tidak hamil karena mampu menangkal terjadinya kerusakan sel.

* Softdrink

Minuman jenis ini di