"Suatu hari anak cucu kita harus pergi ke museum untuk melihat seperti apa kemiskinan itu", Muhammad Yunus - Pendiri Garmeen Bank
KLIK SINI...!
Download software proteksi situs porno. GRATIS!
Cegahlah internet anak anda di rumah dengan download software ini.
Banner
...
Keluarga Rumah tangga harmonis Cara yang baik mengajari anak belajar puasa

Cara yang baik mengajari anak belajar puasa

User Rating: / 2
PoorBest 

Batasan waktu melatih anak berpuasa tergantung pada individu anak, juga lingkungan yang mempengaruhi motivasi berpuasa. Bagi anak-anak usia 5-7 tahun misalnya, memerlukan waktu bertahap seperti puasa 1/4 hari, 1/2 hari dan bahkan anak umur 6 tahun pun bisa berpuasa penuh. Umpamanya saja, anak makan sahur. Kemudian berbuka dengan makanan lengkap bergizi di tengah waktu dhuhur. Selanjutnya, berpuasa kembali hingga maghrib tiba.

Agar puasa bisa diajarkan dengan cara yang enak, sebaiknya gunakan kata-kata positif. Seringkali anak bertanya,"Ma, puasa itu tidak boleh makan, ya..!" Sekilas pertanyaan itu benar, tap tahukah ada bahwa hal itu menimbulkan kekhawatiran baginya? Sebaiknya orang tua menjelaskan makna puasa dengan kata-kata positif.
"Sayang, puasa itu tetap memperbolehkan kita makan. Hanya saja, pola makanan diubah di bulan Ramadhan. Sekarang makan paginya itu sebelum subuh dan makan siangnya dimundurkan ke maghrib.", begitu seharusnya menjelaskan. Ketika anak memahami bena makna puasa, maka diapun  akan memiliki motivasi yang kuat. Ajarkan berpuasa itu ganjarannya pahala dan meyehatkan tubuh. Sebab, lambung itu perlu istirahat selama 11 bulan bekerja keras. Selain itu puasa meningkatkan kecerdasan emosional seperti penelitian di Stanford University yang meneliti kepada anak terhadap tawaran marshmallow. Lalu anak itu ditawarkan satu marshmallow atau dua marshmallow bagi yang bersedia menunggu dalam beberapa menit. Ternyata, hasil penelitian menyebutkan anak yang dapat menunggu itu memiliki kematangan emosi dan sosial lebh bagus, lebih sabar dan toleran serta peka terhadap kondisi dan kebutuhan orang lain.
Share on facebook
Follow Us
Banner
Banner
Hit Kunjungan
748719
Hari ini71
Kemarin142
Minggu ini804
Total Kunjungan748719
Dollar Income..!!!
Powered by