"Dalam ekonomi baru, informasi, edukasi dan motivasi adalah segalanya", (Bill Clinton, mantan presiden AS)
Banner


Tips untuk orang tua sibuk dalam mengasuh anak

User Rating: / 2
PoorBest 
Apakah anda termasuk orang tua yang sibuk dan tidak mempunyai cukup waktu mengasuh anak? Di lingkungan kita, tidak semua orangtua mampu dan mempunyai waktu yang cukup untuk mengasuh anak-anak dengan tangan mereka sendiri. Sebagian orangtua, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pilihan lain kecuali harus tetap bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup, menjadi orangtua tunggal, dan mempunyai anak kecil lagi atau anak yang lainnya ’sakit’ keberadaan tempat penitipan anak dan jasa baby sitter tentu akan sangat terasa manfaatnya.

Namun demikian, sebelum orangtua memutuskan siapa yang akan menjadi pengasuh anak, sebaiknya orangtua mempertimbangkan terlebih dahulu kualitas pengasuhan yang akan diberikan kepada anak kita, setidaknya dapat menyerupai pengasuhan orangtua kepada anak. Dengan demikian, selama orangtua tidak ada di samping anak, ia akan tetap merasa tenang, aman dan nyaman.

Menyerahkan tugas pengasuhan anak kepada pihak lain tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif baik kepada anak maupun kita sebagai orangtuanya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang mungkin terjadi (dampak positif dan negatif) beserta solusi yang dapat orangtua lakukan apabila pengasuhan anak diserahkan kepda pihak lain, yaitu:


Dampak yang mungkin timbul jika pengasuhan oleh baby sitter (Pengasuh pengganti di rumah) yang baik dan dapat dipercaya.

Positif untuk anak:
Anak akan cepat beradaptasi dengan pengasuhnya dan merasa tenang bersamanya.
Positif untuk orangtua:
Orangtua akan merasa cukup tenang ketika menitipkan anak mereka kepadanya.
Negatif untuk anak:
Anak akan merasa sedih, kehilangan dan frustrasi ketika pengasuhnya pulang tidak kembali.
Negatif untuk orangtua:
Baby sitter yang baik dapat merusak hubungan ibu/orangtua dengan anak. Anak akan lebih memilih ingin selalu dekat dengan pengasuhnya daripada orangtuanya.
Solusinya:
Orangtua harus dapat menyeimbangkan waktu pengasuhan kepada anak (ibu, ayah, baby sitter memiliki waktu yang seimbang dalam mengasuh anak).


Dampak yang mungkin timbul jika pengasuhan anak di serahkan ke tempat penitipan anak (sejak usia anak sebelum satu tahun).
Positif untuk anak:
Anak menjadi lebih mudah menyesuaikan diri (hal sosial), mandiri, dan kreatif.
Positif untuk orangtua:
Orangtua mempunyai waktu lebih leluasa untuk mengerjakan hal lain.
Negatif untuk anak:
Apabila anak terlalu lama dibesarkan di tempat penitipan anak, biasanya ia cenderung memperlihatkan gejala-gejala yang memprihatinkan seperti menarik diri dan menghindar untuk bertemu dengan figur ibu, sikap agresif yang meningkat (kecenderungan anak memukul, menyumpah, berkelahi), Sikap tidak mau patuh/menentang perintah atau permintaan orang-orang dewasa, dan tidak mau berbagi (Steve Biddulph, 2006).
Negatif untuk orangtua:
Anak yang memiliki sikap negatif yang terbawa sampai ia dewasa, akan membuat orangtua ’menderita’.
Solusiya:
Memilih tempat penitipan yang berkualitas dan profesional, baik dari sisi tempat maupun pelayanan petugasnya.


Akhirnya, agar kebutuhan anak dan keluarga dapat terpenuhi dengan baik dan optimal, orangtua harus sungguh-sungguh memperhatikan dan mempertimbangkan kepada siapa pengasuhan anak akan diserahkan. Jika orangtua memutuskan untuk menyerahkan tugas pengasuhan anak kepada tempat penitipan anak, orangtua perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Pilih penitipan yang cukup luas dan resmi.
  • Utamakan tempat penitipan anak yang memiliki petugas tetap (tidak gonta-ganti). 
  • Petugas yang terlatih secara profesional.
  • Ruang bermain beserta aneka ragam perlengkapannya yang aman.
  • Aktivitas yang terencana.
  • Memperhatikan perbandingan jumlah petugas dengan jumlah anak-anak.
  • Kondisi toilet yang selalu terjaga (bersih dan aman).

Namun, apabila orangtua akan menyerahkan pengasuhan mereka kepada Baby sitter (pengasuh pengganti di rumah), orangtua harus betul-betul mengenalnya secara pribadi dan memilih orang yang dapat dipercaya agar anak dan orangtua merasa aman dan tenang.
<