"Kita selalu berlebihan menyikapi perubahan yang akan terjadi dua tahun mendatang dan meremehkan apa yang terjadi 10 tahun ke depan.", Bill Gates - Pendiri Microsoft
Banner


Ooh-gitu Kesehatan anda

Persiapan masa kehamila

Tidak ada yang dapat menandingi mujizat dan keajaiban kehamilan. Merupakan kesempatan bagi anda untuk terlibat dalam proses penciptaan kehidupan. Perencanaan lebih dulu untuk pengalaman ini dapat memperbaiki kesempatan anda untuk mempersiapkan diri anda dengan baik dan memiliki bayi yang sehat.

Gaya hidup anda dapat mempengaruhi kesehatan bayi anda. Dengan perencanaan lebih dulu, anda dapat memastikan anda dan bayi anda terpapar dengan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang membahayakan selama masa kehamilan anda.

Selengkapnya

Perlukah memberi vitamin kepada anak.?

Untuk menunjang perkembangan anak yang maksimal,butuh asupan nutrisi yang seimbang.Untuk mencukupi nutrisi harian tersebut,perlukah anak mengonsumsi vitamin?

Sebelum ibu memutuskan untuk memberi anak suplemen vitamin seperti yang digemborgemborkan tayangan komersial selama ini,ada baiknya ibu kembali berpikir,apakah pemberian vitamin bagi anak sebenarnya diperlukan. Dalam bukunya berjudul Bayiku Anakku, Panduan Praktis Kesehatan Anak,dr Purnamawati S Pujiarto SpAK MMPed menulis,vitamin dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh yang normal,untuk kesigapan mental,dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Vitamin juga diperlukan agar tubuh dapat mengolah protein,karbohidrat,dan lemak. Namun pada dasarnya,fungsi suplemen,baik vitamin maupun mineral,sejatinya hanyalah untuk melengkapi kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh.Jadi,vitamin sama sekali tidak dapat digunakan untuk menggantikan vitamin alami yang diperoleh dari makanan.Satu jenis makanan memiliki kombinasi berbagai jenis vitamin dan zatzat lain (seperti nutrisi utama,mineral,sampai antioksidan) yang diperlukan oleh tubuh.

Selengkapnya

Memahami Angka-angka Kolesterol..!

User Rating: / 1
PoorBest 

Para editor majalah Men’s Health menyarankan: Begitu usia Anda melewati 20 tahun, sebaiknya Anda merayakannya dengan pemeriksaan kolesterol.Selanjutnya, Anda sebaiknya menjalani pemeriksaan yang sama sekurangnya sekali setiap lima tahun. Salah satu bacaan yang akan dihasilkan oleh pemeriksaan ini adalah kadar kolesterol keseluruhan dalam darah (kolesterol total). Berikut ini, caram emahami makna angka-angka tersebut (semua angka mengacu ke miligram perdesiliter darah).

Selengkapnya

Tinggi Badan Saat Dewasa Bisa Diukur Waktu Anak Usia 2 Tahun

Oleh :  Merry Wahyuningsih

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki anak yang sehat dan berbadan tinggi. Memperkirakan tinggi anak saat ia dewasa paling mudah diukur saat anak usia 2 tahun. Bagaimana caranya? "Umur 0-2 tahun adalah masa emas pertumbuhan anak. Pertumbuhan dan perkembangan otak 0-2 tahun sudah mencapai 80 persen otak orang dewasa," jelas Dr Idrus Jus'at,PhD Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jumat (28/1/2011). Menurut Dr Idrus, pada periode kehidupan ini, sel-sel otak tumbuh dengan amat cepat sedemikian rupa, sehingga saat usia dua tahun pertumbuhan sel-sel otaknya sudah mencapai lebih dari 80 persen.

Selengkapnya

Penyakit yang Bisa Disembuhkan Sendiri oleh Tubuh

User Rating: / 1
PoorBest 

Oleh : Uyung Pramudiarja

Tidak semua penyakit butuh obat, sebab tubuh punya mekanisme alami untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Agar tidak terjebak dalam konsumsi obat yang berlebihan dan tidak rasional, kenali penyakit-penyakit yang bisa sembuh sendiri. Hampir semua jenis penyakit yang sifatnya akut (berlangsung singkat, tidak menahun) merupakan self limiting disease artau penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa di antaranya dipicu oleh gangguan pada mekanisme alami tubuh manusia, namun sebagain besar disebabkan oleh virus. Berbeda dengan infeksi bakteri, infeksi virus tidak bisa diobati dengan antibiotik. Dikutip dari chestofbooks, Senin (7/1/2011), infeksi virus akan sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh akan membentuk perlawanan untuk membunuh dan menyingkirkan virus-virus tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang termasuk self limiting disease dan tidak membutuhkan obat khusus selain untuk mengatasi gejala yang menyertainya.

Selengkapnya

Lawan Kencing Manis dengan Buncis

User Rating: / 125
PoorBest 

PENYAKIT kencing manis atau bahasa keren-nya diabetes melitus banyak diindap orang Indonesia. Seorang penderita diabetes melitus memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi sehingga si penderita harus hati-hati dalam menerapkan pola makan. Dokter pun sering menganjurkan agar penderita disiplin dalam mengonsumsi obat, berdiet, dan melakukan olah raga, serta menjauhi stres. Banyak memang obat yang beredar di pasaran untuk mengobati diabetes tersebut, namun sering harganya mahal karena bahan-bahannya haruslah diimpor. Bagaimana mau menjauhi stres jika untuk membeli obat yang harganya selangit saja susah. 

Selengkapnya

Rahasia Kulit yang sehat bagi wanita

User Rating: / 1
PoorBest 

Kulit tubuh yang bagus tentu saja menjadi idaman semua wanita. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui walaupun sebagian tips di bawah ini banyak anda abaikan begitu saja. Yuk kita lihat Penanganan dan Pencegahannya. Smile

Selengkapnya

Yang penting kenyang asumsi salah bikin perut buncit

User Rating: / 1
PoorBest 
Sering pernah mendengar ungkapan "aahh.. yang penting kenyang..?" Perlu diketahui bersama, penyebab perut buncit pada dasarnya disebabkan karena kesalahan pola makan. Pola makan tidak teratur merupakan penyumbang penyebab terbesar perut buncit. Kebiasaan pria Indonesia yang mengkonsumsi karbohidrat, seperti nasi terlalu berlebihan saat makan merupakan salah satu pemicu timbulnya perut buncit. Karena orang indonesia punya prinsip " Yang Penting Kenyang " maka tidak bisa dipungkiri takaran nasi yang sangat banyak dengan lauk sedikit akhirnya akan memicu perut buncit karena asupan karbohidrat yang di luar kapasitas. Nantinya ini akan jadi lemak karbohidrat. So, jadi gimana donk solusinya..? 

Selengkapnya

Apakah Brokoli dilema itu ?

Walaupun orang tahu bahwa brokoli itu berguna mencegah kanker, namun tidak setiap orang menyukai. Bagi sebagian orang brokoli itu enak, namun sebagian lainnya membencinya. Hal itu bukan salah brokolinya, penyebabnya adalah jumlah sensor rasa pahit yang berlebihan di lidah pembenci brokoli. Perbedaan kepekaan sensor pengecap pula yang menyebabkan perbedaan pola makanan pada manusia. Ooh-gitu yaaa??
More Articles...